TIPS TENANG ATASI TANTRUM PADA ANAK

Home / Pendidikan / TIPS TENANG ATASI TANTRUM PADA ANAK

TIPS TENANG ATASI TANTRUM PADA ANAK

TIPS TENANG ATASI TANTRUM PADA ANAK

Tantrum atau yang dalam istilah psikologinya dinamakan sebagai ‘temper tantrum’, ditafsirkan sebagai perilaku marah pada anak-anak, seringkali di umur prasekolah (2-3 tahun). Mereka mengekspresikan kemarahan dengan berbaring di lantai, menendang, berteriak, dan kadang-kadang menyangga napas. Tantrum terjadi sebab anak-anak di umur ini belum dapat menggunakan ucapan-ucapan untuk mengekspresikan rasa putus asa dan kesal sebab tidak menemukan apa yang diinginkan.

Kunci utama dalam menanggulangi tantrum pada anak ialah orangtua mesti tetap tenang. Bila Ayah dan Bunda merasa panik, seringkali keputusan yang dipungut untuk menanggulangi anak yang tantrum tidak cukup bijaksana.

6 cara arif dan tenang menanggulangi anak tantrum:
1. Beri anak ruang. Beri dia ruang peluang untuk meluapkan emosinya, tapi tidak boleh jauh-jauh dan tetap awasi dia.

2. Tunjukkan empati. Hindari mengekang balita ketika tantrum, lagipula mencubit atau memukul. Beri si Kecil pelukan lembut seraya membisikkan ucapan-ucapan yang menenangkan. Bentuk keadaan positif dan tunjukkan empati kita kepadanya, contohnya dengan mengatakan, “Adik marah ya, mainannya dipungut teman? Nanti anda bujuk dia guna mengembalikannya, ya.” Pengertian kita terhadap masalah si Kecil bakal membuatnya tenang.

3. Pastikan anak aman. Jauhkan si Kecil dari benda-benda yang membahayakan, khususnya bila dia berguling-guling di lantai atau memukul-mukul.

4. Pahami anak. Kenali kemauan dan keperluan balita bila bepergian. Dia barangkali tantrum sebab capek, atau kelaparan. Jadwalkan pekerjaan sebelum pergi mengacu pada keterampilan dan keperluan balita.

5. Sabar dan tenang. Jangan memarahi balita ketika tantrum. Kalau butuh menjauh sebentar, tarik napas dalam-dalam untuk mendinginkan diri sebelum menghadapi balita.

Sumber : http://aidb.ru/?aion=highway&a=https://www.pelajaran.co.id/