Tips Sukses Mengajarkan Anak Bersepeda Roda Dua

Home / Pendidikan / Tips Sukses Mengajarkan Anak Bersepeda Roda Dua

Tips Sukses Mengajarkan Anak Bersepeda Roda Dua

Tips Sukses Mengajarkan Anak Bersepeda Roda Dua

Mengajarkan anak bersepeda roda dua adalahsalah satu kegiatan fisik yang berfungsi dalam melatih ekuilibrium dan koordinasi semua anggota tubuh. Yuk, simak teknik sukses mengajarkan anak bersepeda roda dua!

Menggunakan Alat Pelindung
Salah satu teknik sukses guna mengajarkan anak bersepeda ialah dengan memakai alat pelindung. Keselamatan adalahhal yang mesti diperhatikan. Jika anak kita baru belajar bersepeda roda dua, sangat dianjurkan untuk memakai alat-alat pelindung, laksana helm, pelindung tangan, siku, dan lutut. Pilihlah perangkat pelindung yang cocok dengan ukuran badan anak Anda. Anda pun harus meyakinkan rem sepedanya apakah bekerja dengan baik atau tidak. Keamanan dan keselamatan sangatlah urgen untuk menghindarkan anak kita dari cedera dan luka. Setelah seluruh alat keselamatan tersedia, Anda dapat melatih anak kita bersepeda roda dua.

Memilih Sepeda yang Tepat
Kiat mengajarkan anak bersepeda selanjutnya ialah dengan memilih sepeda roda dua yang tepat. Pilihlah sepeda yang cocok dengan ukuran tubuh anak Anda. Kaki si kecil mesti dapat menggapai tanah dan menopang sepeda. Bagi itu, dianjurkan untuk memilih sepeda dengan ukuran roda 14 hingga 16 inci. Ukuran tersebut sesuai untuk anak berumur 3 hingga 6 tahun.

Mengendarai Sepeda dengan Perlahan
Ketika kesatu kali belajar bersepeda, anak tentu akan ketakutan. Oleh sebab itu, mulailah mengajarkan anak bersepeda dengan perlahan. Pegangi sepedanya hingga si kecil sudah dapat menyeimbangkan badannya ketika di atas sepeda. Setelah seimbang, Anda dapat menyuruh si kecil untuk membubuhkan kakinya di pedal. Perlahan, instruksikan anak mengayuhnya. Jangan lepaskan sepedanya saat si kecil sedang belajar manfaat pedal dan mempraktikkannya.

Mencari Tempat yang Luas
Kiat melatih anak bersepeda selanjutnya ialah ajak anak Anda guna berlatih bersepeda ke lokasi yang luas dan rata. Tempat yang luas dan rata memungkinkan ruang gerak si kecil guna mempraktikkan teknik mengayuh lebih efektif. Anda dapat memilih lokasi di lapangan sekolah, taman dekat rumah, atau tanah dengan rerumputan. Jangan tak sempat sesuaikan lokasi duduk sepeda si kecil supaya kedua kakinya dapat mencapai tanah.

Melepas Tangan kita Perlahan
Setelah si kecil mengetahui faedah pedal dan tahu teknik mengayuh pedalnya, Anda dapat meminta si kecil guna menjalankan sepeda roda duanya. Pegang lokasi duduk sepeda guna menjaga ekuilibrium tubuh si kecil. Setelah si kecil siap mengayuh, Anda dapat mulai perlahan mencungkil pegangan sepedanya. Ikuti si kecil dari jarak dekat. Hal ini berguna supaya Anda dapat memegang sepedanya saat si kecil kehilangan keseimbangan. Frekuensi pelajaran yang tidak jarang akan membantunya mengenal langkah-langkah yang mesti dilaksanakan saat bersepeda roda dua. Jangan lupa, desakan semangat dari Anda pun diperlukan.

Mengajari Mengerem
Mengajarkan anak bersepeda roda dua tidak akan menyeluruh tanpa belajar mengerem. Ajari si kecil manfaat rem. Jelaskan dengan simpel bahwa rem bermanfaat untuk memperlambat atau menghentikan gerak sepeda. Minta anak Anda guna mempraktikkan teknik mengerem. Anda dapat membantunya mengurangi rem dengan perlahan. Jelaskan pun tentang bahaya mengerem terlampau kuat.

Sumber : http://advisor.wmtransfer.com/SiteDetails.aspx?url=www.pelajaran.co.id/