Tips Mengajak Anak Gemar Beribadah

Home / Pendidikan / Tips Mengajak Anak Gemar Beribadah

Tips Mengajak Anak Gemar Beribadah

Tips Mengajak Anak Gemar Beribadah

Adakah tips khusus supaya anak gemar beribadah? Agaknya orang tua butuh melakukan teknik yang mengasyikkan supaya anak tertarik dan inginkan melakukannya dengan senang hati. Apa saja tipsnya? Simak di bawah ini, yuk! Berikut ini ialah tips-tips untuk menyuruh anak gemar beribadah semenjak usia muda.

1. Buat daftar mengenai jenis ibadah yang kira-kira dapat dilakukan oleh anak, cocok dengan usianya. Contohnya guna anak berusia 3 tahun, jenis ibadah laksana apa yang telah dapat dilakukan. Apakah dia telah paham makna doa tertentu dalam bahasa Arab (bagi yang beragama Islam) atau belum?

2. Berikan pengetahuan pada anak tentang jenis-jenis ibadah yang mesti dilakukannya. kita dapat memakai media laksana buku, perangkat peraga laksana boneka tangan, atau papan tulis yang bisa digambari sendiri oleh anak.

Banyak kitab tentang agama yang dapat ditemukan di toko kitab untuk dijadikan rujukan mendongeng. kita juga dapat membuat semacam sandiwara boneka supaya anak tertarik mendengar pengetahuan tersebut. Di samping itu, kegiatan semacam ini juga berfungsi untuk mengajar daya khayalan anak.

3. Untuk orang tua yang beragama Islam, urgen mengajari anak salat semenjak dini dengan membiasakannya. Apabila anak sudah dapat mengikuti gerakan salat, tidak terdapat salahnya kita mengajaknya ikut salat berjamaah ke masjid. Jika belum, beri lokasi dekat sajadah supaya anak dapat menyaksikan gerakan salat orang tuanya.

4. Untuk orang tua yang agamanya bukan Islam, ajari anak guna berdoa semenjak usianya 2 atau 3 tahun. Tips ini pun dapat dilaksanakan untuk anak muslim. Semakin belia umur anak, seringkali semakin baik daya ingatnya. Ajarkan doa keseharian dulu, contohnya doa sebelum makan, sebelum tidur, di dalam perjalanan, dan lain-lain.

5. Ajak anak mendatangi rumah ibadah, laksana masjid, gereja, wihara, atau pura, cocok agama mereka. Kemudian, ajak anak berkenalan dengan imam atau muazin masjid, pendeta, biksu, atau pendeta Hindu saat berangjangsana ke setiap rumah ibadah itu. Beri tahu bahwa mereka bisa bertanya tentang ibadah untuk tokoh agama tersebut, tanpa sungkan.

6. Bagi muslim, ajari anak mengenal huruf hijaiah semenjak usianya 4 tahun. Daftarkan anak ke Taman Pendidikan Alquran (TPA) atau dapat pula mengundang guru mengaji belajar di rumah.

7. Tips berikutnya supaya anak gemar beribadah ialah memberikan keteladanan. Artinya orang tua pun ikut mengerjakan ibadah itu bersama-sama anak. Jangan cuma mengajak anak saja. Berikan misal bahwa ayah bunda juga senang mengerjakan ibadah.

8. Jangan tak sempat untuk menyerahkan penghargaan atau pujian, sesudah anak salat, mengaji, atau berdoa. Pujian berupa ucapan-ucapan menyenangkan pun dapat memotivasi anak gemar beribadah.

Sumber : http://www.sanlien.com.tw:82/gate/gb/www.pelajaran.co.id