SMAN Taruna Nala Diresmikan 4 Juni Nanti

Home / Pendidikan / SMAN Taruna Nala Diresmikan 4 Juni Nanti

SMAN Taruna Nala Diresmikan 4 Juni Nanti

SMAN Taruna Nala Diresmikan 4 Juni Nanti

SMAN Taruna Nala Diresmikan 4 Juni Nanti

SMAN Taruna Nala Diresmikan 4 Juni Nanti

Timur akan memiliki SMAN baru. Yakni, SMAN Taruna Nala. Jika tidak ada aral melintang,

SMA di Kedungkandang, Kota Malang, itu diresmikan Presiden Joko Widodo pada 4 Juni.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman menyatakan, animo siswa untuk mendaftar di SMAN Taruna Nala cukup besar. Kuota awal untuk sekolah tersebut adalah 158 kursi. Lantaran banyak peminat, kapasitasnya ditambah menjadi 180 kursi. ’’Pendaftarnya mencapai 582 siswa,’’ katanya.

Karena itu, jumlah rombongan belajar yang semula hanya akan diisi 26–28 siswa ditambah menjadi 30 siswa. Saiful mengatakan, meski jumlah rombel ditambah, masih dalam standar yang ditentukan Kemendikbud.

Di sisi lain, meski SMAN Taruna Nala belum diresmikan, di sekolah tersebut saat ini

sudah ada siswa kelas XI dan XII. Mereka adalah siswa berstatus mutasi dari sekolah awal, SMAN 10 Malang. ’’Siswa kelas XI dan XII sudah melalui proses khusus di bawah pembinaan TNI-AL. Dan mereka cukup antusias dengan itu,’’ katanya.

SMAN Taruna Nala, tampaknya, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Jawa Timur. Sebab, selain bakal diresmikan Joko Widodo, siswa yang diterima dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) dikukuhkan gubernur Jatim.

Prosesi tersebut dilaksanakan pada 4 Juni. Terkait hal itu, mantan kepala Badan Diklat Jatim tersebut mengatakan sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pihak TNI-AL. Rapat koordinasi sudah dilakukan dengan protokoler.

Karena itu, pengumuman hasil seleksi para peserta didik baru juga akan dipercepat.

Yang semula diumumkan 6 Juni dimajukan menjadi 2 Juni. Mengenai hal itu, Saiful meminta wali murid agar ikut mencermati pengumuman yang dilakukan secara online tersebut.

Saiful menjelaskan, SMAN Taruna Nala merupakan pengembangan dari SMAN 10 Malang. Pendidikan di SMAN Taruna Nala akan menggunakan program sesuai standar militer. Kurikulumnya menggunakan Kurikulum 2013 serta pengembangan kurikulum bela negara dan kemaritiman. ’’Harapannya, lulusan SMAN Taruna Nala bisa lebih siap masuk ke akademi dan sejenisnya. Tapi, kalau mau ke perguruan tinggi juga tidak masalah,’’ jelasnya.

 

Baca Juga :