Siswa Tak Bisa Baca Alquran Lebih Banyak

Home / Pendidikan / Siswa Tak Bisa Baca Alquran Lebih Banyak

Siswa Tak Bisa Baca Alquran Lebih Banyak

Siswa Tak Bisa Baca Alquran Lebih Banyak

Ini Tiga Nama Calon Rektor IPB yang Diusung Himpunan Alumni

Ini Tiga Nama Calon Rektor IPB yang Diusung Himpunan Alumni

Jumlah siswa yang tidak bisa baca Alquran di Kabupaten Cirebon

dipastikan jauh lebih banyak dari siswa yang tidak bisa baca alfabet. Apalagi, ukuran atau syarat dinyatakan bisa baca Alquran adalah lancar Iqra 6.

“Kalau untuk kelas 4 sampai 6 mungkin banyak yang bisa, tapi kalau anak kelas 1 sampai kelas 3 untuk lancar Iqra 6 ini pasti sulit,” kata guru agama di Kecamatan Pasaleman, Ikhwanudin kepada Radar Cirebon (Jawa Pos Group).

Menurut Ikhwan, rencananya bulan Ramadan ini dijadikan waktu untuk melakukan test. Siswa akan didata yang bisa dan tidak dalam baca Alquran.

Sementara itu, Kepala UPT Kecamatan Pasalamen, Atma membenarkan

pelaksanaan program tersebut. Menurutnya saat ini pihaknya sedang menunggu teknis pelaksanaan test tersebut. Dikatakannya, Ramadan yang rencana awalnya akan diisi dengan kegiatan pesantren kilat akan dibatalkan dan diganti dengan test baca Alquran.

“Kita terus komunikasi dengan dinas, nanti untuk hasilnya tentu langsung kita laporkan,” paparnya.

Akademisi Cirebon, Saifuddin mengatakan, saat ini jam pelajaran untuk mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) masih kurang. Alokasi yang hanya dua jam tidak cukup untuk siswa belajar Alquran. Hal tersebut haus dicari solusinya supaya siswa di Kabupaten Cirebon lancar baca Alquran.

“PAI kan umumnya hanya dua jam, lalu berapa menit untuk mengaji.

Sedangkan belajar Alquran harus khusus, tidak bisa sebentar-sebentar,” ungkapnya.

Dia menyarankan agar setiap sekolah menyiagakan satu guru Qiroati khusus untuk baca Alquran sehingga ada action nyata dari pendatan yang dilakukan oleh dinas nantinya. “Jaminan mutu siswa itu ada di gurunya, sehingga untuk baca Alquran ya harus khusus,” tambahnya.

 

Sumber :

https://insightmaker.com/user/116805