Siswa Hasilkan Karya Bernilai Jual

Home / Pendidikan / Siswa Hasilkan Karya Bernilai Jual

Siswa Hasilkan Karya Bernilai Jual

Siswa Hasilkan Karya Bernilai Jual

Siswa Hasilkan Karya Bernilai Jual

Siswa Hasilkan Karya Bernilai Jual

Mata pelajaran Kewirausahaan telah membuat siswa SMK Yadika menghasilkan karya kerajinan

tangan yang bernilai jual. Karya tersebut sampai dijual ke lingkungan luar sekolah.

Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Yadika Siti Oldri mengatakan, karya kerajian tangan yang dibuat oleh siswa merupakan hasil daur ulang barang bekas seperti bingkai, vas bunga, souvenir, dan tempat menyimpan keperluan dapur.

Sosial media seperti Facebook dan Instagram dimanfaatkan oleh siswa memasarkan produk.

”Semua hasil karya yang dibuat oleh siswa SMK Yadika 8 akan diperjualbelikan di dalam maupun luar sekolah melalui akun sosial media sekolah,” tutur Siti, belum lama.

Hasil penjualan tersebut, kata dia, dipergunakan untuk membeli kebutuhan bahan membuat karya. ”Setiap hasil penjualannya akan dipergunakan membeli bahan untuk menciptakan hasil karya yang lebih menarik lagi,” imbuhnya.

Selain itu, mata pelajaran Kewirusahaan juga telah mencetak siswa menjadi wirausaha. Salah satu satunya usaha tempat nongkrong yang kini tengah digandrungi anak muda.

”Bahkan ada siswa yang melanjutkan kewirausahaannya dengan cara mendirikan sebuah kafe

dengan meminta bimbingan dari saya untuk menjalankan usaha nya tersebut,” katanya.

Ia mengungkapkan, Kewirausahaan merupakan mata pelajaran dalam kurikulum 2013, yang didapatkan oleh siswa XI dan XII. Dalam mata pelajaran ini, siswa diberikan materi bagaimana memanfaatkan peluang bisnis sekaligus praktek.

”Pelajaran Kewirausahaan itu sangat penting karena dapat menjadi bekal untuk dikemudian hari seperti membuka usaha,” ujarnya.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/