Sistem Pemrosesan Tanpa Kertas

Home / Pendidikan / Sistem Pemrosesan Tanpa Kertas

Sistem Pemrosesan Tanpa Kertas

Sistem Pemrosesan Tanpa Kertas

Sistem Pemrosesan Tanpa Kertas

Sistem Pemrosesan Tanpa Kertas

1. Pemrosesan Batch dalam Sistem Pemrosesan Tanpa Kertas
Pemrosesan batch dalam system tanpa kertas serupa dengan pemrosesan batch dalam system berbasis kertas. Perbedaan utama adalaha ayat jurnal diganti dengan ekuivalen eletroniknya, dan buku besar diperbaharui secara otomatis pada saat program batch dijalankan secara priodik.
2. Pemrosesan Real- time dalam pemrosesan Tanpa Kertas
Manfaat utama system tanpa kertas adlah memungkinkan pemrosesan dijalankan real time. System reel-time online (OLRS)  memproses transaksi langsung setelah transaksi diinputkan ke dalam system dan dapat langsung menghasilkan output untuk . transaksi tidak diakumulasi secara kelompok tetapi mereka diinputkan ke dalam system dan dapat menghasilkan informasi langsung untuk pengguna.
Tipe Pemrosesan pada OLRS
Ada banyak jenis pemrosesan real-time dalam OLRS. Yaitu:
– System respons/ inquiry
Pengguna tidak menginput data untuk pemrosesan mereka hanya meminta informasi. System ini hanya di desain untuk memberikan respon yang cepat kepada pengguna untuk memberikan informasi.
– System entry data
Pengguna pada system ini berinteraksi secara aktif dengan data input. Data disimpan oleh OLRS tetapi diproses secara periodic sekelompok demi sekelompok.
– Sistem pemrosesan file
Pengguna system ini juga secara aktif berinteraksi dengan data output. Pentry perbedaan system pemrosesan file dengan system entry data adalah system pemrosesan file satu langkah lebih jauh dan langsung memroses data ke dalam master file yang relevan.
– Sistem pemrosesan penuh
Perbedaan system pemrosesan pnuh dengan sitem pemrosesan file adalah system pemrosesan penuh satu langkah lebih jauh dengan menyelesaikan seluruh transaksi pada saat transaksi diinputkan ke dalam system.
Tingkat Ekonomis OLRS
Banyak atribut OLRS seperti pemrosesan transaksi secara langsung dan respon yang cepat terhadap inquiry, merupakan kelebihan OLRS dibandingkan dengan system pemrosesan batch. Dalam banyak situasi, diperlukan OLRS. System reservasi online, pengendalian persdiaan dalam took eceran, dan rekening konsumen di sebuah bank merupakan contoh system yang lazim menerapakan OLRS. Kekurangan system OLRS dibandingkan dengan system batch adalah biaya penerapan yang sangat tinggi dan operasi system yang cukup rumit.
Sumber : https://ekonomija.org/