Regulasi Dibutuhkan Dalam Penetapan Warisan Dunia

Home / Pendidikan / Regulasi Dibutuhkan Dalam Penetapan Warisan Dunia

Regulasi Dibutuhkan Dalam Penetapan Warisan Dunia

Regulasi Dibutuhkan Dalam Penetapan Warisan Dunia

Regulasi Dibutuhkan Dalam Penetapan Warisan Dunia

Regulasi Dibutuhkan Dalam Penetapan Warisan Dunia

BANDUNG-Setiap Pemerintah Daerah di Indonesia harus memiliki Undang-undang

atau Peraturan Daerah (Perda) dalam penetapan warisan dunia.

Hal itu diungkapkan Ketua Harian Komite Nasional Indonesia Untuk UNESCO Dr. Arief Rachman, M.Pd usai Launching UNESCO Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu di aula timur Gedung Sate, Bandung, Minggu (3/6/2018)

Menurutnya ada dua Perda yang perlu disiapkan dalam penetapan warisan dunia

, pertama, penentuan dari geologis yang bisa ditetapkan sebagai acuan untuk menentukan kelayakan warisan alam dunia. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa ahli yang bisa menetapkan bahwa geopark Ciletuh Palabuhanratu di kawasan Kabupaten Sukabumi sudah berumur ratusan juta tahun.

“Ini mungkin tak diketahui oleh penduduk di daerah itu dan tak diketahui ilmuwan di Indonesia, tetapi setelah diteliti oleh ahli-ahli geologi dunia ternyata sudah berusia ratusan juta tahun,” jelasnya

Kedua, kata Arief perlu adanya Perda kerja sama antara pemerintah, masyarakat dan pengusaha agar kawasan tersebut bernilai ekonomis yang tidak merusak lingkungan.

Menurutnya, hal ini menjadi suatu amanah yang tidak boleh dirusak dan dipakai

untuk kepentingan yang bertentangan dengan kemaslahatan manusia. “Saya ingin menggarisbawahi, pembangunan kawasan geopark ini memuliakan bumi, menyejahterakan masyarakat dan mengagungkan Allah SWT,” tegasnya

Seperti diketahui Geopark Ciletuh Palabuhanratu ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark (UGG) pada 17 April 2018 yang berlaku sampai 2022 mendatang. Untuk itu, dibutuhkan sosialisasi kepada semua elemen masyarakat untuk lebih melestarikan salah satu kawasan warisan dunia tersebut.

“Jadi, kemuliaan dan keunggulan tak akan tercapai kalau tidak kita usahakan,” pungkasnya. (Pun)

 

Sumber :

http://softwarelivre.org/ojelhtc88/blog/plant-networks-definition-characteristics-types-and-their-complete-functions