Pengertian Teori Pertukaran Sosial Menurut Ahli

Home / Pendidikan / Pengertian Teori Pertukaran Sosial Menurut Ahli

Pengertian Teori Pertukaran Sosial Menurut Ahli

Pengertian Teori Pertukaran Sosial Menurut Ahli – Menurut para ahli, definisi teori pertukaran sosial adalah teori sosial yang menggambarkan bagaimana seseorang memperlakukan orang lain, maka seseorang dapat menentukan keseimbangan antara manfaat dan pengorbanan yang diterima dari hubungan.

Teori memahami pertukaran sosial menurut para ahli

Teori pertukaran sosial adalah teori dalam ilmu sosial yang mengklaim bahwa dalam hubungan sosial ada unsur disiplin, pengorbanan, manfaat, dan pengaruh. [Perlu referensi] Teori ini menjelaskan bagaimana orang melihat hubungan kita dengan orang lain sesuai dengan asumsi bahwa orang harus:

  1. Keseimbangan antara apa yang diberikan kepada hubungan dan apa yang dihapus dari hubungan.
  2. jenis koneksi.
  3. Kemampuan untuk memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

Munculnya teori pertukaran sosial

Secara umum, hubungan sosial terdiri dari orang-orang, perilaku kita dan orang lain telah melihat pengaruh satu sama lain dalam hubungan yang memiliki unsur disiplin,

pengorbanan dan keuntungan. Imbalan adalah apa yang keluar dari pengorbanan mereka, ketika pengorbanan itu semua, dan manfaat dari hadiah dikurangi oleh pengorbanan.

Perilaku sosial yang terdiri dari setidaknya pertukaran antara dua orang berdasarkan perhitungan biaya-manfaat. Misalnya, pola perilaku dalam novel, di tempat kerja, dalam persahabatan dan pernikahan.

Pada titik tertentu, analogi ini mengungkapkan bahwa salah satu teman Anda di kelas yang sama selalu berusaha untuk mendapatkan sesuatu dari Anda. Sekarang Anda selalu memberikan apa yang Anda butuhkan dari teman-teman Anda, tetapi kenyataannya sebaliknya terjadi ketika Anda membutuhkan sesuatu dari teman-teman Anda.

Setiap orang harus memiliki tujuan untuk berteman agar saling menjaga. Orang-orang harus melakukan sesuatu untuk satu sama lain, saling membantu jika perlu, dan saling mendukung ketika sedang sedih.

Namun, ia juga memelihara hubungan persahabatan (biaya), seperti membuang-buang waktu dan energi serta kegiatan lain yang tidak dilakukan begitu. Meskipun biaya ini tidak dianggap sebagai sesuatu yang mahal atau memberatkan ketika hadiah diterima dari persahabatan.

Namun, biaya ini harus diperhitungkan ketika kami secara obyektif menganalisis hubungan pertemanan transaksi yang ada. Jika biaya tampaknya tidak benar, maka hanya perasaan buruk yang terjadi pada mereka yang percaya bahwa kompensasi terlalu kecil dibandingkan dengan biaya atau pengorbanan yang telah dibuat.

Pengertian Teori Pertukaran Sosial Menurut Ahli

Analisis hubungan sosial yang timbul sesuai dengan biaya dan upah adalah salah satu karakteristik dari teori pertukaran. Teori pertukaran ini berfokus pada analisis tingkat mikro, terutama pada tingkat realitas sosial (antarpribadi). Diskusi ini akan fokus pada pertukaran ide dengan teori Homan dan Blau. Homans dalam analisis, mengikuti penggunaan wajib prinsip-prinsip psikologi individu untuk menjelaskan perilaku sosial, tidak hanya menggambarkannya.

Tetapi jika, di sisi lain, mencoba untuk naik dari tingkat pertukaran antarpribadi ke tingkat mikro, ke tingkat yang lebih makro, organisasi publik. Dia mencoba menunjukkan bagaimana organisasi sosial besar muncul dari proses pertukaran utama.

Berbeda dengan analisis yang diungkapkan oleh teori interaksi simbolik, teori pertukaran terutama mempertimbangkan perilaku nyata, dan tidak hanya proses subyektif. Ini juga dipertahankan oleh Homans dan, jika tidak berfokus pada tingkat kesadaran hubungan subyektif atau timbal balik yang dinamis antara tingkat subyektif dan interaksi yang nyata, sebagaimana dimanifestasikan dalam interaksi simbolik.

Selanjutnya, Homans berpendapat bahwa penjelasan ilmiah harus fokus pada perilaku nyata, yang dapat diamati dan diukur secara empiris (secara empiris). Proses pertukaran sosial juga diungkapkan oleh para ahli dari sosial klasik.

Seperti yang diungkapkan dalam teori ekonomi klasik abad ke-18 dan 19, ekonomi, seperti Adam Smith, menganalisis ekonomi pasar sebagai hasil dari kumpulan transaksi ekonomi individu yang komprehensif yang tidak dapat dilihat dalam ukuran.

Dia mengasumsikan bahwa transaksi pengukuran hanya akan terjadi jika kedua pihak dapat mengambil manfaat dari pertukaran, dan kesejahteraan masyarakat luas dapat dengan mudah dipastikan jika individu yang tersisa mengejar kepentingan pribadi melalui negosiasi pertukaran pribadi.
Teori kontroversial pertukaran sosial individualistis dan kolektivis

Konflik adalah hasil dari konflik yang berkembang antara orientasi individu dan kolektivis. Homans mungkin menjadi orang yang menekankan pendekatan individu untuk pengembangan teori sosial. Ini tentu berbeda dengan penjelasan kolektivis Levi-Strauss, terutama yang berkaitan dengan pernikahan dan keluarga.

Lihat Juga :