PENGERTIAN PROFESI

Home / Pendidikan / PENGERTIAN PROFESI

PENGERTIAN PROFESI

PENGERTIAN PROFESI

PENGERTIAN PROFESI

PENGERTIAN PROFESI

 Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris “Profess”, yang dalam bahasa Yunani adalah “Επαγγελια”, yang bermakna: “Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen”. Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer, teknik desainer, tenaga pendidik.
KARAKTERISTIK PROFESI
1.      Keterampilan yang berdasar pada pengetahuan teoritis
2.      Pendidikan yang ekstensif
3.      Uiian kompetensi
4.      Lisensi
5.      Otonomi kerja
6.      Kode etik
7.      Status dan imbalan yang tinggi
8.      Mengatur diri
PENGERTIAN PROFESIONALISME
          Profesionalisme (profésionalisme) ialah sifat-sifat (kemampuan, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu dan lain-lain) sebagaimana yang sewajarnya ter­dapat pada atau dilakukan oleh seorang profesional. Profesionalisme berasal daripada profesion yang bermakna berhubungan dengan profesion dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya, (KBBI, 1994). Jadi, profesionalisme adalah tingkah laku, kepakaran atau kualiti dari seseorang yang profesional (Longman, 1987).
CIRI – CIRI PROFESIONALISME
  1. Keinginan untuk selalu menampilkan perilaku yang mendekati piawai ideal
  2. Meningkatkan dan memelihara image profesi
  3. Keinginan untuk senantiasa mengejar kesempatan pengembangan professional yang dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengetahuan dan keterampilannya
  4. Mengejar kualitas dan cita – cita dalam profesi

Sumber : https://belinda-carlisle.com/