Pengertian Pendidikan dan Tingkatannya

Home / Pendidikan / Pengertian Pendidikan dan Tingkatannya

Pengertian Pendidikan dan Tingkatannya

Pengertian Pendidikan dan Tingkatannya

Menurut Ranu Pandojo dan Husnan (1986) pendidikan adalah suatu kegiatan untuk menaikkan pengetahuan umum seseorang termasuk didalamnya peningkatan penguasaan teori dan ketrampilan memutuskan pada persoalan-persoalan yang menyangkut kegiatan atau penelitian untuk era datang.

Menurut Ki Hajar Dewantara yang dikutip oleh Soemanto dan Soetopo (1982:11) menyebutkan bahwa pendidikan adalah energi usaha yang memajukan munculnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intelek) dan tumbuhnya anak untuk menjamin anak didik cocok bersama dunianya.

Menurut Undang-undang No. 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat (1) menyebutkan pengertian pendidikan adalah bisnis mengerti dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran sehingga peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk punyai kebolehan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional Bab VI pasal 14 menyebutkan bahwa jenjang pendidikan resmi terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.

Adapun tiga tingkat pendidikan itu adalah sebagai berikut:

a) Pendidikan dasar.

Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah. Pendidikan dasar berbentuk sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau wujud lain yang sederajat serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), atau wujud lain yang sederajat.

b) Pendidikan menengah.

Pendidikan menengah merupakan lanjutan pendidikan dasar. Pendidikan menengah terdiri atas pendidikan menengah umum dan pendidikan menengah kejuruan. Pendidikan menengah berbentuk Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), atau wujud lain yang sederajat.

c) Pendidikan tinggi.

Pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan sehabis pendidikan menengah yang termasuk program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Pendidikan tinggi diselenggarakan bersama proses terbuka. Akademi menyelenggarakan pendidikan vokasi di dalam satu cabang atau sebagian cabang pengetahuan pengetahuan, teknologi dan atau seni tertentu. Politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi di dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Sekolah tinggi menyelenggarakan pendidikan akademik dan atau vokasi alam lingkup satu telaten pengetahuan khusus dan jika memenuhi syarat bisa menyelenggarakan pendidikan profesi. Institut menyelenggarakan pendidikan akademik dan atau pendidikan vokasi alam sekelompok telaten pengetahuan pengetahuan, teknologi, dan atau seni dan jika memenuhi syarat bisa menyelenggarakan pendidikan profesi. Universitas menyelenggarakan pendidikan akademik dan atau pendidikan vokasi di dalam sejumlah pengetahuan pengetahuan, teknologi, dan atau seni dan jika memenuhi syarat bisa menyelenggarakan pendidikan profesI.

Demikian pengertian pendidikan dan tingkatannya serta penjelasan masing-masing tingkatan. Baca pula fungsi dan tujuan pendidikan nasional.

Baca Juga :