Pengertian Kalimat Induktif dan Deduktif

Home / Pendidikan / Pengertian Kalimat Induktif dan Deduktif

Pengertian Kalimat Induktif dan Deduktif

Pengertian Kalimat Induktif dan Deduktif

Pengertian Kalimat Induktif dan Deduktif

Pengertian Kalimat Induktif dan Deduktif

Paragraf Induktif

paragraf yang kalimat utamanya terletak di akahir paragraf.

Contoh :

Secara ekonomi, kota ini sangat kondusif untuk berbisnis. Secara budaya, kota ini amat kaya akan keanekaragaman budaya etnis. Penduduknya relatif terbuka terhadap unsur etnis yang berbeda-beda. Secara geografis, kota ini terletak didaerah yang relatif tinggi.Artinya kota ini relatif sejuk. Itulah anatara lain tiga hal yang membuat kami merasa amat kerasan tinggal di kota Bandung.

Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah suatu Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal Paragraf. Paragraf ini diawali dengan pernyataan yang bersifat umum dan kemudian dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan khusus yang berupa contoh-contoh, rincian khusus, bukti-bukti dan lain-lain. Karena Paragraf deduktif dikembangkan dari suatu pernyataan umum, maka pola kalimatnya adalah dari umum ke khusus.

Contoh :

Kelluarga Berencana merupakan program yang sangat baik untuk diterapkan oleh keluarga-keluarga di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dengan adanya program tersebut bisa mengatasi problematika tidak terkendalinya jumlah populasi penduduk. Semakin hari kini jumlah penduduk Indonesia semakin membludak jumlahnya. Bahkan dibeberapa wilayah lonjakan jumlah penduduk bisa di bilang sudah melampaui batas. Hal tersebut tentunya menjadi permasalahan bersama yang harus segera di pecahkan.Karena dengan semakin banyaknya jumlah penduduk, maka kesempatan perolehan pekerjaanpun akan semakin sulit dan yang pasti akan berdampak pada kesejahteraan masyarakkat secara luas. Teks Laporan Hasil Observasi