Mengenal Bahasa Komputer ataupun Bahasa Pemograman Tingkat Tinggi

Home / Pendidikan / Mengenal Bahasa Komputer ataupun Bahasa Pemograman Tingkat Tinggi

Mengenal Bahasa Komputer ataupun Bahasa Pemograman Tingkat Tinggi

Memahami bahasa pemrograman

Bahasa komputer adalah seperangkat pemrograman yang digunakan untuk membuat program komputer.

Bahasa komputer dikenal sebagai bahasa pemrograman. Perangkat lunak komputer atau perangkat lunak itu sendiri adalah seperangkat instruksi yang harus dijalankan oleh komputer ketika komputer dihidupkan atau ketika diperintahkan oleh pengguna komputer.

Bahasa pemrograman menggunakan kata-kata unik yang disandikan untuk menjalankan perintah tertentu di komputer Anda. Contoh bahasa pemrograman termasuk Pascal, Fortran, Clipper, dBase, Delphi, Basic, Cobol, C ++, C #, Java dan banyak lagi.

Sebuah prosesor komputer, dalam hal ini prosesor memiliki sejumlah perintah dan dikenal sebagai nama kode mesin. Kode ini adalah bahasa yang digunakan untuk mengkomunikasikan data ke komputer. CPU di komputer hanya tahu bahasa ini, bukan bahasa lain. Semua bahasa pemrograman harus dikonversi ke kode mesin sehingga CPU dapat memproses dan menjalankan perintah yang diberikan oleh program yang dibuat.

Jenis bahasa

Spreadsheet dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar sesuai dengan tipenya, yaitu bahasa mesin (bahasa mesin), bahasa assembly dan bahasa tingkat tinggi. Mari kita bahas satu per satu sebagai berikut:

Bahasa mesin adalah seperangkat perintah yang dinyatakan sebagai angka biner (hanya angka 0 dan 1) yang berfungsi untuk memberikan data dan instruksi tentang cara memproses data ke CPU.

Bahasa assembly adalah bahasa komputer tingkat rendah yang memiliki banyak kode yang membantu memori untuk “menghafal” data (informasi). Bahasa rakitan juga berisi set simbolis yang berkaitan dengan perintah tertentu dalam bahasa mesin.

Bahasa tingkat tinggi disebut bahasa komputer tingkat tinggi karena mengandung perintah untuk mengatasi bahasa manusia. Bahasa ini lebih mudah dipahami dan dipelajari daripada orang dan digunakan untuk membuat program komputer tertentu. Saya menyebutkan berbagai bahasa pemrograman di atas.

Banyak programmer atau programmer saat ini menggunakan bahasa komputer tingkat tinggi untuk membuat program yang mereka inginkan karena sangat mudah dimengerti. Tetapi sebelum Anda dapat berjalan di komputer, program terlebih dahulu harus diterjemahkan ke dalam bahasa mesin.

Oleh karena itu, pada perangkat pemrograman tingkat tinggi ada bagian yang disebut compiler. Tugas bagian ini adalah menerjemahkan perintah bahasa tingkat tinggi ke dalam bahasa mesin sehingga prosesor dapat memproses data berbasis perintah.

bahasa komputer

Sejarah singkat bahasa komputer

Perkembangan bahasa yang terkomputerisasi tentu tidak lepas dari perkembangan komputer itu sendiri. Bahasa komputer mulai berkembang pada saat ditemukannya komputer digital pertama, sekitar tahun 1940-an. Bahasa komputer termasuk dalam bahasa assembly dikembangkan pada 1950-an ketika komputer mulai menembus secara komersial.

Contoh bahasa yang termasuk dalam kelas bermacam-macam ini adalah ForTran (Formula Terjemahan) yang dibuat oleh John Backus pada 1950-an dan 1960-an. Kemudian mulai mengembangkan bahasa komputasi dengan banyak perbaikan, seperti COBOL (Common Business Oriented Language) oleh Grace Hopper, LISP (Proccessing) oleh John McCarthy.

Pada akhir 1960-an bahasa komputer yang disebut SIMULA muncul, setelah itu perkembangan bahasa komputer tumbuh pesat. Pada tahun 1970-an, banyak bahasa pemrograman dikenal, yaitu ALOGOL, BASIC, PASCAL, C dan ADA. Perkembangan bahasa komputer berkembang pesat seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bahasa yang dikembangkan adalah BASIC, JAVA, C ++ dan PASCAL. Pada awal 1990-an, istilah Lingkungan Pengembangan Terpadu (IDE), yang tertanam bahasa pemrograman dan GUI, diperkenalkan, sehingga program menjadi lebih ringan. Beberapa IDE yang dikenal adalah Visual Basic (BASIC), Borland Delphi (PASCAL) dan Eclipse (Bahasa Java).

Sumber :  Https://www.videomax.co