Matana University Siap Cetak SDM Andal

Home / Pendidikan / Matana University Siap Cetak SDM Andal

Matana University Siap Cetak SDM Andal

Matana University Siap Cetak SDM Andal

Matana University Siap Cetak SDM Andal

Matana University Siap Cetak SDM Andal

Matana University berkomitmen mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul

melalui pembelajaran pada sistem komputer dan teknologi automasi. Bidang ilmu ini belakangan banyak dikenal dengan istilah computer systems & automation technologies. Program studi sistem komputer siap menjawab tuntutan dunia kerja saat ini yang membutuhkan sumber daya manusia kompetitif.

Hal tersebut disampaikan Ketua Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Komputer Matana University, Asep Saefullah melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (15/7/2019).

Menurutnya, program studi yang disiapkan sudah disesuaikan dengan tuntutan era revolusi industri 4.0 yang kini merambah berbagai sektor kehidupan di seluruh dunia. Perkembangan tersebut secara radikal mengubah konsep industri lama menuju industri berbasis proses manufaktur cerdas.

“Industri seperti ini tidak hanya merancang dan menggunakan mesin industri semata, tetapi juga memerlukan integrasi industri dengan automasi serta teknologi informasi,” ujarnya di kampus Matana University, Kelapa Dua, Tangerang, Banten.

Revolusi industri 4.0, lanjutnya, tidak hanya berimbas pada industri,

juga menyentuh aspek kehidupan sehari-hari, terutama bidang digital. Untuk menjawab tuntutan hidup masyarakat yang serbapraktis dan efisien, melalui program studi sistem komputer, pihaknya mendukung proses pembentukan SDM andal.

Tak hanya mempersiapkan SDM yang paham pengetahuan teoretis, pihaknya juga mendorong mahasiswa menghasilkan karya yang bisa diaplikasikan. Beberapa karya yang telah dihasilkan, antara lain Line-Follower Robot dan Bluetooh Remote Control.

“Program studi sistem komputer memiliki mata kuliah yang unik dalam bidang

perangkat keras dan perangkat lunak. Kami juga membekali anak didik dengan soft skills. Metode yang kami gunakan dalam pembelajaran berbasis on-labs yang didukung laboratorium lengkap, sehingga dapat menunjang proses pemahaman teori,” ujar Asep.

Para mahasiswa sistem komputer diarahkan untuk memiliki kompetensi utama dalam bidang computer automation system, smart system, network engineering & security, dan programming. Selain kompetensi tersebut, mahasiswa juga dibekali dengan sertifikat kompetensi bidang pemrograman dan jaringan. Untuk pemrograman dilakukan sertifikasi melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), sedangkan untuk penguasaan jaringan dilakukan sertifikasi internasional MikroTik Certified Network Associate (MTCNA)/Cisco Certified Network Associate (CCNA).

 

Sumber :

https://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/sejarah-bandung-jawa-barat/