Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Anda!

Home / Kesehatan / Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Anda!

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Anda!

Air kelapa memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dimulai dengan menyegarkan tubuh ketika haus, menambahkan elektrolit ke tubuh bahkan dapat membantu menyembuhkan penyakit. Air kelapa muda juga baik untuk kesehatan Anda. Apa manfaat air kelapa yang bisa kita dapatkan?

Manfaat Air Kelapa

Manfaat air kelapa muda

1. Penuaan yang lambat

Manfaat air kelapa muda untuk kecantikan adalah membuat kulit terlihat lebih halus dan lebih muda. Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Kandungan sitokin dalam air kelapa melawan penuaan, kanker dan trombosis (pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan pH tubuh, memperkuat dan melembabkan jaringan ikat, dan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan usia. Jika Anda ingin awet muda, minum air kelapa adalah suatu kemungkinan.

2. Mengatur tekanan darah, gula darah dan kolesterol

Seperti dilansir BodySoul, penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Kadar kalium tinggi dan kadar natrium rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

3. Baik untuk kesehatan sistem pencernaan

Air kelapa dikatakan sebagai obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Air kelapa biasanya digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, sembelit, cacingan, infeksi kandung kemih dan penyakit ginjal.

Air kelapa bermanfaat jika Anda mengalami diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran pencernaan. Osmolaritas air kelapa lebih besar daripada yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare ORS (Oral Rehydration Therapy). Ini karena air kelapa mengandung asam amino, enzim, mineral dan asam lemak yang menyebabkan osmolaritas air kelapa tinggi. Selain itu, air kelapa juga mengandung sedikit natrium dan klorida dan kaya akan gula dan asam amino. Ini adalah komposisi cairan seimbang dalam minuman untuk mencegah dehidrasi.

Kandungan enzim dalam air kelapa juga mendukung sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Air kelapa mengandung enzim bivalen alami seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase, dan berbagai enzim lainnya.

4. Lebih baik dari minuman olahraga

Air kelapa adalah minuman isotonik alami yang menawarkan banyak manfaat, seperti: B. Minuman olahraga yang telah diformulasikan. Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berolahraga. Untuk mengembalikan hidrasi, agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan, air kelapa harus diminum dalam jumlah banyak. Menurut ahli gizi olahraga Nancy Clark, air kelapa, menurut WebMD, mengembalikan hidrasi tubuh hanya ketika dikonsumsi dalam jumlah besar. Selain itu, risiko mual, kenyang, dan gangguan pencernaan saat minum air kelapa lebih rendah dibandingkan dengan minuman olahraga.

Inilah beberapa manfaat air kelapa muda. Tubuh lebih segar setelah minum air kelapa, kan? Konten elektrolit yang terkandung dapat menggantikan elektrolit yang hilang di jalan. Air kelapa dibuat dari proses alami dalam kelapa, membuatnya lebih sehat dibandingkan dengan minuman lain di industri. Air kelapa bisa menjadi minuman alternatif yang bisa menyehatkan tubuh.

Baca Juga :