manfaat agama bagi mausia

Home / Pendidikan / manfaat agama bagi mausia

manfaat agama bagi mausia

Manfaat agama dalam kehidupan manusia tidak hanya memengaruhi spiritual tetapi juga banyak aspek. Melihat kembali dari awal, agama adalah kata-kata yang diserap dari bahasa Sansekerta, a dan gama. Dalam bahasa Sanskerta, A berarti “tidak”, Gama berarti “kekacauan”. Interpretasi, karena makna agama dalam bahasa Sansekerta tidak kacau, tujuan agama adalah aturan yang mengarahkan manusia untuk memesan.

manfaat agama bagi mausia

Ada, antara lain, beberapa kepentingan agama yang dapat diperoleh manusia:

1. Berikan pengajaran manusia tentang pedoman dan kehidupan

Manusia tanpa agama adalah manusia tanpa tujuan. Dalam pengajaran agama, manusia dibimbing untuk beribadah dan berbuat baik dalam kehidupan bahkan di antara manusia dan alam. Manusia diajarkan oleh agama saling toleransi dalam menerima keragaman manusia berdasarkan kolaborasi manusia-ke-manusia, etnis, agama, ras, kelompok. Agama juga mengajarkan orang untuk tidak melakukan hal-hal yang membahayakan orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Agama bermanfaat dalam budaya dan sebagai akibatnya manusia tidak dapat kembali ke kehidupan primitif yang bertujuan hanya untuk bertahan hidup dan berkembang biak tanpa memiliki arah untuk tumbuh.

2. Berikan jawaban tentang apa yang tidak bisa dijawab manusia

Agama adalah sumber ketertiban manusia dan pengetahuan manusia. Ada banyak hal dan peristiwa di dunia ini yang tidak bisa dijawab dengan keterbatasan yang ada pada manusia. Misalnya, di mana jiwa manusia setelah kematian? Orang macam apa yang ada di dunia ini? Manusia hidup dengan berbagai cara, tetapi apakah pada akhirnya mereka harus mati?

Tentu saja merupakan masalah yang sulit untuk dijawab di luar batas kemampuan manusia. Agama memberikan jawaban atas pertanyaan yang tidak dapat ditemukan manusia dengan alasan. Agama adalah salah satu dari banyak manfaat agama yang mengarahkan manusia untuk menemukan esensi dari semua kehidupan manusia.
Manfaat – agama

Kehidupan beragama

3. Kenalkan poin buruk dan poin bagus

Pada dasarnya manusia ingin mendapatkan segala yang ada di dunia ini untuk keinginan setiap manusia. Semua metode dilakukan untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Dengan agama dan pengajaran pengajaran yang ada dalam agama, kita bisa tahu apa yang bisa kita lakukan dan apa yang tidak bisa kita lakukan. Aturan regulasi dalam agama mengatur apa yang diizinkan dan mana yang tidak bisa dilakukan oleh manusia.

Larangan agama dimaksudkan untuk mencegah manusia dari menyakiti diri sendiri, menyakiti orang lain atau menyakiti makhluk lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

4. Seimbangkan jiwa fisik dan manusia

Menurut Plato, seorang filsuf Yunani kuno, manusia dipandang sebagai biner yang terdiri dari tubuh dan jiwa. Kesehatan manusia dapat dilihat tidak hanya dari tubuh tetapi juga dari jiwa. Agama memberikan panduan kepada manusia sehingga mereka dapat memperoleh kedamaian dan kedewasaan jiwa ketika beribadah untuk menyeimbangkan kebutuhan fisik dan mental manusia.

Banyak aspek pengajaran agama digunakan sebagai referensi dalam menentukan dasar dan hukum negara, karena ada banyak hal yang dapat dipercaya dan dipraktikkan manusia dalam agama. Terlepas dari apakah kita memahaminya atau tidak, karena banyak peraturan suatu negara dapat dilihat dari banyak hal yang diperoleh dari manfaat agama, mereka diadopsi dari peraturan agama.

Sumber : https://suhupendidikan.com/