Makanan yang baik untuk produksi kolagen

Home / Kesehatan / Makanan yang baik untuk produksi kolagen

Makanan yang baik untuk produksi kolagen

Makanan yang baik untuk produksi kolagen

Jika Anda ingin membuat kulit yang halus, lembut, kencang, kenyal, dan menginginkan wajah muda, silakan lakukan diet sehat. Khususnya, makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, antosianin, protein, seng, tembaga, dan asam α-hidroksi. Berbagai makanan termasuk bahan-bahan ini dianggap mampu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

 

Vitamin A
Vitamin A adalah jenis antioksidan yang meningkatkan produksi kolagen dan dapat menekan efek buruk dari iradiasi UV. Anda bisa mendapatkan vitamin A dengan mengonsumsi tomat, wortel, sayuran berdaun hijau, mangga, produk susu, ikan, udang, hati sapi, minyak ikan cod, telur.

Vitamin C
Seperti vitamin A, vitamin C juga merangsang produksi kolagen dalam tubuh, melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, Vitamin C mencegah kulit kering dan membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dan keriput. Vitamin ini terkandung dalam jeruk, stroberi, pepaya, brokoli, sayuran berdaun hijau.

Antosianin
Selain dua vitamin di atas, zat antosianin juga diketahui meningkatkan produksi kolagen. Anthocyanin sendiri adalah pigmen warna yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran. Makanan yang mengandung antosianin termasuk anggur, delima, buah-buahan, tomat, dan kacang merah.

protein
Tubuh mengubah asupan protein yang kita makan menjadi asam amino. Asam amino ini digunakan untuk membentuk kolagen dan jaringan tubuh. Protein diperoleh dengan mengonsumsi makanan laut, daging, susu, keju, yogurt, telur, kedelai, dan ikan.

Alpha hydroxy acid (AHA)
Asam alfa hidroksi adalah sekelompok asam alami yang terkandung dalam makanan. AHA membantu meningkatkan produksi kolagen dengan menghancurkan serat kolagen lama dan membuat yang baru. AHA termasuk dalam jeruk, apel, anggur, tebu, tomat, lemon.

mineral
Mineral seperti selenium, seng, dan tembaga penting untuk produksi kolagen. Zat ini juga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang merusak kulit, melawan bakteri dengan bakteri, dan membuat kolagen.

Suplemen Peningkatan Kolagen

Suplemen kolagen dapat dikonsumsi jika asupan kolagen dari berbagai makanan yang disebutkan di atas tidak memenuhi kebutuhan kolagen harian. Tentunya dengan terlebih dahulu mencari saran dari dokter.

Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan akan kolagen harian, tetapi juga suplemen ini juga dianggap memberikan manfaat lain bagi kesehatan tubuh sebagai berikut.

Pengurangan peradangan dan artralgia pada pasien dengan gangguan sendi
Menekan kerusakan dan mengurangi keropos tulang.
Ini menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mari lanjutkan produksi kolagen tubuh mulai dari sekarang dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen sehingga kulit, tulang, otot, dan persendian bekerja lebih baik.

baca juga :