Macam-macam Produk Bank

Home / Pendidikan / Macam-macam Produk Bank

Macam-macam Produk Bank

Macam-macam Produk Bank

Kalau kamu pernah, berarti udah mengerti dong ya cara pembayaran di toko online? Rata-rata, jikalau kamu belanja secara online itu tentu pembayarannya melalui bank. Ada yang memanfaatkan transfer, ada yang melalui kartu kredit, dan lain-lain. Semua yang itu ialah macam-macam product bank. Apa saja sih yang termasuk product bank tersebut? Simak artikel tersebut ya.

Begini Squad, produk- product bank itu terbagi menjadi 4 ya. Ada, kredit, transfer, Safe Deposit Box (SDB), dan Bank Card. Kita bahas satu per satu ya.

1. Kredit

Kredit merupakan dana yang udah ditarik berasal dari masyarakat yang sesudah itu disalurkan kembali kepada masyarakat didalam bentuk pinjaman. Pasti nggak asing dong mendengar kata kredit? Yaaa, layaknya orangtua kamu ingin belanja kendaraan ada pilihan jenis pembayaran sudi tunai (cash) atau bersama kredit (cicil).

Eh namun nggak ceroboh loh bank sudi memberi tambahan sarana kredit. Ada 5 prinsip didalam anggapan kredit.

2. Transfer

Kalau kalian sering belanja online tentu udah nggak asing mirip product bank yang satu ini. Transfer itu jasa bank yang memberi tambahan sarana pengiriman uang antarrekening maupun antarbank atas permintaan nasabah kepada penerima di tempat lain.

3. Safe Deposit Box (SDB)

Pernah mendengar Safe Deposit Box (SDB)? Produk ini sebenarnya nggak sangat familiar di telinga kita ya Squad. SDB ini merupakan jasa yang ditawarkan kepada nasabah didalam bentuk penyewaan kotak penyimpanan harta atau surat berharga.

4. Bank Card

Kalau ini barangkali Squad udah ada yang miliki ya. Bank Card merupakan kartu yang dikeluarkan bank bagi nasabahnya sebagai alat pembayaran. Ada beberapa kartu yang diterbitkan oleh bank, layaknya kartu kredit, kartu debit, dan kartu uang elektronik (e-money card)

Apakah hanya itu saja produk-produk bank? Eits… bukan hanya itu, ternyata jenis product perbankan itu ada yang terbagi dua loh, Squad. Ada kredit pasif dan kredit aktif. Kredit pasif merupakan aliran dana berasal dari masyarakat yang masuk ke bank, sedang kredit aktif ialah dana yang digunakan masyarakat untuk kesibukan produktif. Sekarang kita bahas satu per satu ya.

Produk Perbankan Kredit Pasif

1. Simpanan/Tabungan

Kalau kamu miliki kartu ATM, tentu miliki buku tabungan dong. Nah, simpanan ini dapat ditarik melalui ATM, buku tabungan, atau slip penarikan. Oh iya, simpanan/tabungan ini termasuk miliki tingkat bunga/bagi hasil yang udah ditetapkan oleh pihak bank.

Contoh buku tabungan berasal dari beberapa bank. Uang didalam buku tabungan tersebut hanya untuk semangat ya Squad sehingga rajin menabung (sumber: kitamuda.id)

2. Giro

Giro merupakan simpanan yang penarikannya itu dapat dikerjakan setiap saat. Tidak memanfaatkan kartu ATM atau buku tabungan ya, Squad. Penarikannya memanfaatkan cek atau bilyet giro. Simpanan giro ini miliki bunga yang lebih rendah.

3. Deposito

Deposito merupakan simpanan berjangka bersama syarat selagi spesifik layaknya 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dan seterusnya. Perlu kamu ingat nih Squad, nasabah tidak dapat menarik uang yang didepositokan berasal dari bank sebelum jaman jatuh tempo.

Deposito termasuk terbagi menjadi dua nih Squad

a. Deposito on call

Deposito on call merupakan simpanan berjangka selagi pada 3 hingga 30 hari. Jumlah uang yang disimpan umumnya relatif besar dan besar bunga yang dibayarkan dihitung per bulan dan besar bunga ditentukan bersama negosiasi pada nasabah bersama pihak bank.

b. Deposito automatic roll over (ARO)

Deposito ARO ini bentuk lain berasal dari deposito berjangka yang udah jatuh tempo namun deposan (nasabah pemilik deposito) belum mengambilnya. Kemudian, bank secara otomatis melaksanakan perpanjangan selagi tanpa menanti persetujuan deposan.

Produk Perbankan Kredit Aktif

a. Kredit rekening koran

Kredit rekening koran merupakan kredit yang diberikan kepada nasabah didalam bentuk mutasi (pemindahbukuan) kepada rekening nasabah.

b. Kredit reimburs (Letter of Credit)

Kredit reimburs merupakan pinjaman yang diberikan ke nasabah atas pembelian sejumlah barang dan yang membayar adalah bank. Kredit ini merupakan jasa bank yang bertujuan untuk memudahkan layanan arus barang ekspor atau impor.

c. Kredit aksep

Kredit aksep merupakan pinjaman bersama mengeluarkan wesel yang dapat diperdagangkan.

d. Kredit dokumenter

Kredit dokumenter ini merupakan kredit yang diberikan sehabis nasabah menyerahkan dokumen pengiriman barang yang udah disetujui kapten kapal yang mengangkut barang tersebut. https://www.biologi.co.id/

e. Kredit bersama jaminan surat berharga

Kredit jaminan surat miliki nilai diberikan bersama belanja surat-surat miliki nilai kepada nasabah dan sekaligus surat-surat miliki nilai tersebut sebagai jaminannya.