KETAHANAN NASIONAL

Home / Pendidikan / KETAHANAN NASIONAL

KETAHANAN NASIONAL

KETAHANAN NASIONAL

KETAHANAN NASIONAL

KETAHANAN NASIONAL

Ketahanan nasional adalah kondisi dinamika yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi, berisi keuletan dah ketangguhan yang mengandung kemampuan menggembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi, dan mengatasi segala tantangan, ancaman hambatan dan gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam untuk menjalin identitas, integritas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan untuk mencapai tujuan nasionalnya.

Seiring dengan berjalannya suatu negara banyak hal yang dapat mengancam ketahanan nasional negara tersebut. Baik dari segi ekonomi, budaya, agama, iptek, militer, dan politik. Salah satu ancaman yang sangat besar ketahanan suatu negara terletak dalam bidang perekonomiannya, dalam menciptakan stabilitas ekonomi yang sehat dan dinamis banyak sekali kendala – kendala, untuk mencapai ketahanan ekonomi yang di ingin kan perlu upaya pembinaan terhadap berbagai hal antara lain :

  1. Sistem ekonomi diarahkan untuk dapat mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan yang adil dan merata.
  2. Struktur ekonomi dimantabkan secara seimbang dan saling menguntungkan .
  3. Kemampuan bersaing harus di tumbuhkan secara sehat dan dinamis.

Untuk kebudayaan di Indonesia terdiri dari banyak suku maupun etnis. Hal ini juga bisa menjadi kendalam dalam mencapai ketahanan nasional, karena setiap suku maupun etnis memiliki suatu tingkah laku dan aturan yang berbeda, jika tidak adannya komunikasi yang baik bisa jadi akan timbul suatu konflik yang akhirnya memicu pertikaian. Hal ini dapat dihindari dengan di ciptakannya komunikasi yang baik agar tidak terjadi kesalahpahaman yang memicu pertikaian, sehingga ketahanan nasional tetap terjaga.

Bukan hanya dari bidang ekonomi dan budaya, dalam bidang agama pun bisa mengancan ketahanan nasional. Maraknya bermunculan aliran dan ajaran baru di indonesia menyebabkan masyarakat mulai resah, dan akhirnya dapat menimbulkan tindakan tindakan anarkis yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa indonesia. Untuk itu perlu di buat suatu peraturan baru se-misalnya pendaftaran suatu aliran atau kepercayaan agar diakui namun berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan. Hal ini di harapkan agar munculnya aliran yang di cuigai menyimpang atau menistakan agama dapat di tindak lanjuti secara cepat dan tindak menimbulkan tindakan main hakim sendiri dari segelintir golongan masyarakat.

Sumber : https://merpati.co.id/