Kenapa Kipas Angin Bisa Bikin Adem, Bagaimana Caranya?

Home / Pendidikan / Kenapa Kipas Angin Bisa Bikin Adem, Bagaimana Caranya?

Kenapa Kipas Angin Bisa Bikin Adem, Bagaimana Caranya?

Kenapa Kipas Angin Bisa Bikin Adem, Bagaimana Caranya?

Lagi pulang sekolah, habis panas-panasan di jalan, enaknya ngapain ya Squad? Ngadem! Tinggal nyalain kipas angin, apalagi sambil tiduran. Mantap betul!

Kipas angin yang amat berfaedah kala kita kembali kegerahan itu adalah salah satu contoh dari energi listrik di kehidupan kita sehari-hari. Masih inget nggak Squad energi itu apa? Energi adalah kapabilitas suatu benda untuk melakukan suatu usaha atau bekerja. Sebelum belajar, ayo kita ingat kembali hukum kekekalan energi yang berbunyi: “Energi tidak mampu diciptakan atau dimusnahkan, namun mampu beralih bentuk dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain”.

Nah, contoh energi yang beralih bentuk adalah energi listrik. Energi listrik mampu beralih bentuk jadi energi lain yang lebih praktis untuk digunakan manusia. Contohnya jadi energi cahaya, energi gerak, dan bentuk energi lainnya. Perubahan energi listrik inilah yang banyak dimanfaatkan oleh manusia. Selain kipas angin, masih banyak lho benda-benda lain yang memakai energi listrik. Sekarang, sambil kipasan, kita lihat yuk Squad penjelasan berkenaan energi listrik dan energi listrik!

Energi listrik sendiri artinya adalah energi yang dimiliki oleh suatu muatan (baik positif maupun negatif) yang bergerak didalam kala yang ditentukan. Besarnya energi listrik yang dikeluarkan oleh sumber energi listrik terpengaruh oleh besarnya tegangan (V), kuat arus (I) dan kala (t).

Sehingga andaikan penghantar yang hambatannya R diberikan tegangan V pada ujung-ujungnya, dan arus I melaluinya, maka didalam kala t (detik), besar energi listrik yang diperoleh mampu dirumuskan

Berikut ini adalah contoh alat-alat yang merubah energi listrik jadi energi lain yang mampu digunakan oleh manusia.

1. Energi listrik jadi energi gerak

Alat-alat yang mampu merubah energi listrik jadi energi gerak dibantu dengan pemberian motor listrik. Alat-alat yang mampu merubah energi listrik jadi energi gerak di antaranya adalah bor listrik, gergaji listrik, dan mesin jahit listrik. Nah, alat-alat ini prinsipnya sama layaknya kipas angin tadi Squad.

2. Energi listrik jadi energi panas

Alat-alat yang mampu merubah energi listrik jadi energi panas dilengkapi dengan elemen pemanas Squad. Listrik yang mengalir lewat elemen pemanas tersebut diubah jadi energi panas. Contohnya adalah setrika, kompor listrik dan solder.

3. Energi listrik jadi energi cahaya

Alat yang mampu merubah energi listrik jadi energi cahaya adalah lampu. Saat ini ada dua style lampu yang biasa digunakan.

Sementara itu, energi listrik adalah kapabilitas suatu alat untuk mengalirkan energi per-satuan waktu. Setiap alat miliki energi listrik yang berlainan Squad. Besarnya energi alat tersebut terpengaruh oleh tegangan dan kuat arus yang mengalir.

Daya listrik merupakan bagian dari besarnya beda potensial, kuat arus, rintangan dan waktu. Satuan energi listrik di Satuan Internasional adalah watt yang membuktikan banyaknya energi listrik yang mengalir per-satuan kala (joule/sekon).

Selengkapnya : https://www.ruangguru.co.id/