Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional

Home / Pendidikan / Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional

Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional

Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional

sesuai dengan Undang-Undang RI. No. 20 tahun 2003 perihal SISDIKNAS adalah bahwa pendidikan nasional berguna mengembangkan kapabilitas dan membentuk watak dan juga peradaban bangsa yang bermartabat di dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, punya tujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik sehingga jadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan jadi warga negara yang demokratis dan juga bertanggung jawab. Wuradji, seperti dikutip oleh Wahyuningtyas (1995:19) menunjukkan bahwa manfaat pendidikan itu meliputi:

a. Memindahkan nilai-nilai budaya
b. Nilai-nilai pengajaran
c. Peningkatan mobilitas sosial
d. Fungsi sertifikasi
e. Job training
f. Memantapkan dan mengembangkan hubungan-hubungan sosial.

Tingkat pendidikan berupa pendidikan formal dan non formal mempunyai obyek untuk mengembangkan mutu sumber energi manusia yang terarah, terpadu dan menyeluruh melalui beraneka upaya pro aktif dan reaktif di dalam membentuk manusia seluruhnya sehingga manusia jadi menyadari dapat dirinya dan sanggup dimanfaatkan lingkungannya untuk meningkatkan taraf hidupnya. Untuk sanggup berguna demikian, manusia perlu pengetahuan, keterampilan, penguasaan teknologi dan sanggup independen melalui pendidikan.

Pendidikan berkaitan dengan banyak segi sumber energi manausia. Misalnya produktivitas kerja di dalam suatu perusahaan. Produktivitas kerja perlu pengetahuan dan ketrampilan dan penguasaan teknologi, sehingga dengan terdapatnya tingkat pendidikan karyawan maka produktivitas kerja karyawan dapat mudah tercapai.

Demikian manfaat dan obyek pendidikan nasional. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://tutorialbahasainggris.co.id/

baca juga :