DPD RI Gelar FGD Efektivitas Pengawasan Keuangan Daerah

Home / Pendidikan / DPD RI Gelar FGD Efektivitas Pengawasan Keuangan Daerah

DPD RI Gelar FGD Efektivitas Pengawasan Keuangan Daerah

DPD RI Gelar FGD Efektivitas Pengawasan Keuangan Daerah

DPD RI Gelar FGD Efektivitas Pengawasan Keuangan Daerah

DPD RI Gelar FGD Efektivitas Pengawasan Keuangan Daerah

BANDUNG- Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI)

menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema Efektivitas Pengawasan Pengelolaan Keuangan Negara di Daerah Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Keuangan dan Pembangunan Daerah, di Hotel Novotel, Kota Bandung, Rabu (28/10).

FGD yang dibuka oleh Ketua Panitia Akuntabilitas Publik DPD RI, Drs.H. Abdul Gafar Usman, MM itu, diikuti oleh para Kepala Bappeda dan Inspektur Daerah Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. FGD menghadirkan nara sumber antara lain H. Pery Soeparman, SH, MM, MSi, Inspektur Provinsi Jawa Barat dan Prof. Dr. Bahrullah Akbar, MBA, anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan RI.

Abdul Gafar Usman menjelaskan, DPD RI memiliki alat kelengkapan

, diantaranya Badan Akuntabilitas Publik. Pembentukan BAP ini dimaksudkan akuntabelnya semua apa yang diberi amanah, baik secara administrative dan pertanggungjawaban lainnya, termasuk soal keuangan.

DPD RI ingin agar daerah itu menjadi daerah yang memang sesuai dengan bunyi konstitusi, yaitu Negara terdiri dari daerah-daerah. Artinya, jika daerah baik, maka Negara baik. Jika daerah sejahtera, maka daerah sejahtera.

“Oleh karena itulah kami ingin memagar daerah ini sebagai Negara Kesatuan RI, dengan lapisan yang kuat, pagarnya adalah adil dan makmur. Apabila semua rakyat merasa adil, daerah merasa adil, Negara adil, maka terjadilah kenyamanan. Apabila daerah makmur, Negara makmur, pemerintahan makmur, rakyat makmur, wilayahnya makmur, maka tidak ada satu rintisan bahasa untuk keluar dari NKRI,” katanya.

Untuk pagar yang kuat itu, lanjutnya, BAP memerlukan komunikasi yang intim,

baik dengan berbagai agenda kegiatan rapat dengat pendapat maupun dengan konsultasi, dengan pertemuan-pertemuan dan seminar-seminar.

“Untuk mengungkapkan pikiran-pikiran bapak-bapak dari daerah kepada kami, maka kami menggelar FGD ini,” katanya.

Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Inspektur Provinsi Jawa Barat, H. Pery Soeparman mengapresiasi kepada BAP DPD RI yang telah mengambil inisiatif untuk menyelenggarakan FGD dengan tema efektivitas pengawasan pengelolaan keuangan Negara di daerah dalam rangka peningkatan kinerja keuangan dan pembangunan daerah tersebut.

BAP DPD RI, menurut Gubernur, membantu BPK RI dalam mendorong pelaksanaan rekomendasinya oleh entitas terperiksa, sehingga kerugian keuangan Negara dapat diselamatkan serta terjadi peningkatan perbaikan di dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan Negara.

“Keluaran kinerja tindaklanjut BAP DPD RI adalah berupa rekomendasi dari BPK RI yang dapat diselesaikan dengan efektif dan optimal dalam tempo yang terukur. Dalam konteks inilah, BAP DPD RI berperan pada upaya penyelamatan keuangan Negara,’ katanya.

 

Sumber :

https://penzu.com/public/dffb634b