Definisi, jenis dan sifat lensa cekung

Home / Pendidikan / Definisi, jenis dan sifat lensa cekung

Definisi, jenis dan sifat lensa cekung

Lensa CekungĀ 

Penggunaan lensa cekung dalam kehidupan sehari-hari kurang penting daripada lensa cembung, dapat dinormalisasi kembali oleh orang yang menderita miopia atau menderita miopia dengan bantuan lensa cekung. Mari kita jelaskan sifat penuh, formula, sinar khusus, jenis, dan cara menggunakan lensa cekung.

Definisi lensa cekung

Lensa cekung adalah lensa dengan pusat yang lebih tipis dari tepi tebal. Ada juga lensa cekung yang tidak bundar, tetapi lensa cekung biasanya melingkar. Lensa cekung seperti lensa cembung umumnya terbuat dari kaca atau plastik sehingga lensa memiliki indeks bias lebih besar dari indeks bias udara.

Karena lensa cekung memiliki sifat cahaya yang menyebar, mereka disebut lensa divergen. Fitur dari lensa cekung itu sendiri dapat dengan mudah dilihat dari bentuknya, ia memiliki fitur tebal di bagian tepi dan tipis di bagian tengah.

Cahaya yang melewati lensa cekung dibelokkan ke arah tepi lensa atau menjauh dari sumbu lensa. Sinar paralel diterapkan pada lensa cekung, dan sinar menyebar seolah berasal dari satu titik, titik fokus. Karena titik fokus lensa cekung berada di sisi yang sama dengan cahaya datang, titik fokus lensa cekung memiliki karakteristik virtual atau pseudo dan memiliki nilai negatif.

Jenis lensa cekung

Ada tiga jenis lensa cekung, cekung ganda, cekung datar, dan meniskus cekung, seperti terlihat pada gambar di atas.

Bentuknya termasuk lensa cekung

Biconcaf atau cekung – cekung
Plankonkaf atau cekung – pipih
Cembung-cekung atau cekung-cembung

Sinar cahaya khusus dalam lensa cekung seperti gambar di atas, penjelasan:

Insiden sinar yang sejajar dengan sumbu utama dibiaskan seolah-olah berasal dari titik fokus (di depan lensa).
Sinar yang datang dibiaskan sejajar dengan sumbu utama seolah-olah menghadap titik fokus lensa pertama (Fl).
Cahaya yang melewati pusat optik lensa (O) tidak akan dibiaskan.

Sifat lensa cekung

Seperti disebutkan di atas, lensa cekung memiliki cahaya divergen atau lensa. Ini karena berkas sinar yang sejajar dengan sumbu utama dibiaskan untuk menyebar seolah-olah berasal dari satu titik.

Lensa cekung memiliki dua titik fokus. Fokus aktif (F1) ada di depan lensa dan fokus pasif F2 ada di belakang lensa. Karena fokus aktif lensa cekung (F1) ada di sisi depan lensa, fokus aktif lensa cekung adalah fokus Maya dan jarak fokus lensa cekung (F) selalu memiliki tanda negatif. Karena itu, lensa cekung disebut lensa negatif.
Karakteristik bayangan (bentuk lensa cekung)

Sumber : https://laelitm.com/