10 Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

Home / Pendidikan / 10 Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

10 Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

10 Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

Sistem pernapasan manusia rentan terserang penyakit karena udara keluar masuk secara langsung dan bebas. Udara yang mengandung bakteri dan virus berbahaya mudah masuk kedalam tubuh manusia.

Penyakit yang menyerang organ pernapasan manusia antara lain TBC, asma, sinusitis, bronchitis, pneumonia, batuk dan sesak napas. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga oegan pernapasan, diantaranya :

  1. Menjaga udara tetap bersih dan terbebas dari polusi udara wajib dilakukan, karena lingkungan yang bersih sangat mempengaruhi nilai kesehatan yang terkandung dalam udara yang kita hirup setuiap hari.
  1. Berolahraga dengan teratur.

Kurang berolahraga dapat menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar sehingga nutrisi bagi sel-sel, jaringan dan organ tubuh sangat kurang. Senam, joging, bersepeda atau berenang bisa membantu meningkatkan kapasitas paru-paru untuk menghirup dan menahan udara lebih lama.

  1. Memperbanyak vertilasi udara di dalam ruangan.

Vertilasi udara sangat penting dalam pertukaran udara di dalam ruangan, karena apabila pertukaran udara sangat sedikit maka udara segar yang kita hirup pun akan semakin sedikit.

  1. Biasakan diri untuk menarik napas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam dapat membuat paru-paru tidak kekurangan udara bersih untuk dialirkan pada seluruh jaringan tubuh.

Cobalah untuk tarik nafas dalam-dalam, lalu tahan sebentar kemudian keluarkan. Lakukan selama 1 menit, maka paru-paru dapat menerima pasokan udara lebih banyak dari biasnya.

  1. Makan sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan sumber antioksidan terbesar yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat membuat jaringan tubuh menjadi rusak. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur seperti apel, tomat, jeruk, brokoli, kol dan lain sebagainya dapat mencegah radikal bebas yang dapat memicu radang paru-paru.

  1. Tidur 7-8 jam

Istirahat yang cukup sangat penting agar sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik.

Saat tidur tubuh akan mengembalikan dan merehabilitasi kerja  semua sel-sel tubuh. Termasuk jaringan yang dapat menghasilkan sel-sel kekebalan tubuh.

  1. Menggunakan masker atau penutup hidung

Biasakan menggunakan masker saat pergi berkendara menggunakan sepedah motor merupakan salah satu pencegahan terbaik agar udara kotor tidak masuk ke paru-paru, yang dapat mengakibatkan terjadinya peradangan pada paru-paru.

  1. Tidak merokok

Merokok merupakan salah satu pemicu timbulnya berbagai macam penyakit pada paru-paru, karena ada ribuan toksin dalam rokok bisa tertinggal dalam paru-paru.

Dampak yang ditimbulkan rokok tidak hanya terjadi pada perokok aktif, akan tetapi berdampak juga pada orang-orang yang berada disekitar perokok tersebut.

  1. Menghindari makanan yang beralkohol

Minuman beralkohol dapat menyebabkan sesak napas, mabuk bahkan dapat menghilangkan kesadaran.

  1. Melakukan pemeriksaan medis yang teratur

Pemeriksaan yang teratur bertujuan untuk membantu mendeteksi masalah paru-paru sejak awal. Pemeriksaan dini ini merupakan suatu upaya pencegahan atau preventif yang sebenarnya jauh lebih murah dibandingkan upaya pengobatan ketika mengalami sakit paru-paru.

Dengan pemeriksaan tersebut kita bisa mendeteksi dini dan mengetahui tingkat resiko terkena penyakit paru-paru.

Sumber : Materi pendamping Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu karya CV. Difa Pustaka

 

Baca Juga : https://www.gurupendidikan.co.id/seni-rupa-murni/