Cara Budidaya Lada Putih untuk Pemula

Home / Pertanian / Cara Budidaya Lada Putih untuk Pemula

Cara Budidaya Lada Putih untuk Pemula

Cara Budidaya Lada Putih untuk Pemula

Budidaya Lada Putih – Sebagai orang Indonesia, pasti saja sudah sangat mengenal bersama dengan yang namanya lada atau merica ini. Ya, lada adalah keliru satu bumbu dapur yang biasanya digunakan untuk membuat bermacam masakan. Tanpa terdapatnya lada, maka rasa lezat tidak dapat pernah didapatkan pada sebuah masakan.

Dijaman saat ini ini, kebutuhan dapat lada semakin meningkat. Disamping itu, para petani lada semakin terpuruk dan hanya sedikit yang membudidayakannya. Memang benar di dalam budidaya lada terbilang gampang-gampang susah. Selain itu, perlu pas yang memadai lama untuk dapat nikmati hasilnya. Lada sendiri dibagi kedalam 2 jenis, yakni lada hitam dan lada putih. Namun, yang paling kerap digunakan di dalam masakan adalah lada putih. Melihat kesempatan ini, tentunya berbudidaya lada putih dapat kamu lakukan untuk hasilkan keuntungan yang melimpah. Namun, kecuali sesungguhnya masih pemula dan tidak tahu langkah mengawali budidaya lada putih, kamu tak mesti khawatir. Dibawah ini sudah kami rangkumkan langkah budidaya lada putih untuk pemula yang dapat kamu perumpamaan dan terapkan.

Cara Budidaya Lada Putih untuk Pemula yang Benar

Lada putih tumbuh sangat baik di daerah bersama dengan ketinggian 300-1.100 mdpl, punyai intensitas hujan 2000-3000 mm/th, udaranya bersuhu 20 – 30 Derajat Celcius dan kelembapan udaranya lebih kurang 50% – 90%, dan juga mendapat paparan sinar matahari sempurna setidaknya 10 jam setiap hari.

Pemilihan bibit lada putih
Pertama yang mesti kamu perhatikan adalah di dalam pemilihan bibit. Bibit sendiri dapat didapatkan bersama dengan langkah stek atau atau sulur dan diperoleh dari induk yang punyai kualitas tumbuh sangat baik. Selain itu, indukan terhitung sudah berumur sekitara 10 bulan sampai 3 tahun.

Pengolahan lahan
Selanjutnya adalah pengolahan lahan yang nantinya dapat dijadikan daerah penanaman bibit lada putih. Pertama cangkullah lahan sedalam 20 cm sampai 30 cm. Untuk menyesuaikan pH tanah, kamu dapat menaburkan kapur pertanian dan diamkan sepanjang 3 – 4 minggu. Ini dikerjakan kecuali pH tanah tidak sesuai bersama dengan syarat tumbuh tanaman lada putih yakni 5,5 – 7 pH.

Selanjutnya buatlah lubang bersama dengan berwujud limas bersama dengan ukuran atas 40cm x 35cm, bawah 40cm x 15cm, dan bersama dengan kedalaman 50cm. Buat jarak antar tanaman 2m x 2m. Setelah itu, biarkan saja lubang tersebut sepanjang kurang lebih 10 – 15 hari.

Penanaman lada putih
Setelah raih pas 10 – 15 hari, barulah bibit lada putih sudah siap untuk ditanam. Setelah itu, beri tambahan pupuk kandang sebanyak 0.75 – 100 gram per lubang. Selanjutnya tutuplah bibit tanaman lada putih bersama dengan tanah galian yang sudah dicampurkan NPK sebanyak 20 gram per lubang lebih-lebih dahulu. Jangan lupa untuk lakukan penyiraman pada tanaman lada putih yang baru saja ditanam. Waktu penanaman bibit yang baik adalah diwaktu musim penghujan tiba.

Perawatan tanaman lada putih
Perawatan tanaman sangat mutlak sekali, supaya tanaman dapat tumbuh lebih baik dan menghasilkan buah yang sempurna. Disini kamu dapat lakukan pertolongan tiang panjat atau tajar, pertolongan pupuk susulan, penyiangan, pengairan, perempalan dan pertolongan mulsa alami. Tak lupa terhitung merawat tanaman dari serangan hama dan penyakit yang kerap melanda.

Pemanenan lada putih
Untuk dapat lakukan pemanenan lada putih ini sesungguhnya butuh pas yang memadai lama, yakni lebih kurang 3 th. sehabis penanaman. Ciri-ciri lada putih yang siap untuk dipanen adalah kala tangkainya sudah beralih agak kekuning-kuningan dan buahnya jadi berwarna kuning atau merah.

Demikian tadi langkah budidaya lada putih untuk pemula yang dapat kamu terapkan sendiri. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Selengkapnya : https://www.lele.co.id/