7 Organ Pernapasan Manusia

Home / Pendidikan / 7 Organ Pernapasan Manusia

7 Organ Pernapasan Manusia

7 Organ Pernapasan Manusia

Organ Pernapasan Manusia

Bernapas merupakan sebuah kegiatan mengambil dan mengeluarkan udara melalui paru-paru.  Berikut 7 organ-organ pernapasan yang terdapat pada manusia, diantaranya :

  1. Hidung

Hidung merupakan alat pernapasan yang paling awal dilalui udara. Udara didalam rongga hidung mengalami penyaringan. Penyaringan ditujukan pada benda-benda asing yang tidak berbentuk gas, contohnya debu. Benda tersebut dihalangi oleh rambut-rambut halus (silia) yang tumbuh keluar.

  1. Rongga Tekak (Faring)

Faring merupakan rongga pernapasan antara jalan pernapasan dengan jalan makanan (esopagus). Didalam faring terdapat katup penutup rongga hidung yang disebut uvula atau anak tekak, selain itu terdapat epiglotis yang berfungsi untuk mengatur pergantian perjalanan pernapasan dan makanan pada persimpangan tersebut.

  1.  Pangkal Tenggorokan (Laring)

Laring merupakan daerah pangkal tenggorokan yang bertindak sebagai daerah pembentukan suara, dimana didalamnya terdapay tulang rawan yang membentuk jakun. Didalam laring terdapat selaput suara yang ketegangannya diatur oleh serabut-serabut otot, sehingga dapat menghasilkan tinggi rendahnya nada yang dihasilkan.

  1. Batang Tenggorokan (Trakea)

Trakea merupakan batang tenggorokan saluran respirasi yang berfungsi sebagai saluran udara dang panjangnya kurang lebih 10 cm serta terdiri dari 16-20 gelang cincin.

Cincin-cincin ini terdiri dari tulang-tulang rawan yang berbentuk seperti kuda-kuda (huruf C)

  1. Cabang Batang Tenggorokan (Bronkus)

Bronkus merupakan cabang batang tenggorokan yang terletak di dalam dada. Batang bronkus menuju ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan lebih gampang rusak karena letaknya yang lebih tegak dibandingkan dengan paru-paru sebelah kiri.

Didalam paru-paru setiap bronkus membentuk cabang-cabang yang disebut bronkiolus.

  1. Paru-paru (pulmo)

Paru-paru terletak dirongga dada di kanan dan kiri jantung dan dilindungi oleh tulang-tulang rusuk yang berbentuk sangkar. Paru-paru dibungkus oleh selaput yang disebut pleura.

Pleura ialah selaput tipis rangka dua. Diantara pleura dengan paru-paru terdapat cairan limfa yang berfungsi untuk melindungi paru-paru dari waktu gesekan mengembang dan mengempis.

  1. Alveolus

Alveolus adalah saluran akhir ddari salur pernafasan manusia, alveolus berupa gelembung-gelembung udara.

Pada bagian alveolus ini terjadi pertukaran oksigen dari udara bebas ke sel-sel darah dan karbon dioksida dari darah keudara bebas.

Demikianlah penjelasan mengenai 7 Organ Pernapasan Pada Manusia, semoga bisa bermanfaat untuk sobat.

Jangan lupa tinggalkan komentar jika postingan ini bermanfaat untuk sobat. Terima Kasih

Sumber : Materi pendamping Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu karya CV. Difa Pustaka.

 

Baca Juga : Makalah Kingdom Animalia