10 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Lengkap

Home / Pendidikan / 10 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Lengkap

10 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Lengkap

10 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Lengkap

10 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Lengkap

10 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Lengkap

1. Menurut Jan Materson dari KOMO HAM PBB

Menurut Jan Materson dari KOMO HAM PBB, dalam Teaching Human Rights, HAM adalah hak-hak yang melekat pada setiap manusia, yang tanpanya manusia mustahil dapat hidup sebagai manusia.

Dalam definisi ini dijelaskan bahwa HAM tidak perlu diberikan, dibeli ataupun diwarisi. HAM adalah bagian dari manusia secara otomatis.

2. Menurut Jhon Locke

Menurut Jhon Locke, HAM adalah hak asasi manusia adalah hak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Pencipta sebagai hak yang kodrati ( Mansyur Effendi,1994).oleh karenanya tidak ada kekuasaan apapun di dunia yang dapat mencabuutnya.hak ini sipatnya sangat fudamental bagi hidup dan kehidupan manusian dan merupakan hak kodrati yang tidak bisa terlepas dari dan dalam kehidupan manusia..

Dalam definisi ini dijelaskan bahwa HAM berlaku untuk semua orang tanpa memandang jenis kelamin, ra, aama, etnis, pandangan politik atau asal – usul sosial dan bangsa.

3. Menurut Pasal 1 angka 1 UU No. 39 Tahun 1999

Menurut Pasal 1 angka 1 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM, Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, Pemerintah dan setiap orang, demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

Dalam definisi ini dijelaskan bahwa HAM tidak bisa dilanggar. Tidak seorangpun mempunyai hak untuk membatasi atau melanggar hak orang lain. Orang tetap mempunyai HAM walaupun sebuah negara membuat hukum yang tidak melindungi atau melanggar HAM.

4. Menurut Deklarasi umum HAM

Menurut Deklarasi umum HAM, HAM adalah semua orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak-hak yang sama.

Dalam definisi ini dijelaskan bahwa HAM merupakan unsur normatif yang melekat pada diri setiap manusi yang dalam penerapannya berada dalam ruang lingkup hak persamaan dan hak kebebasan yang terkait dengan interaksinya antara individu atau dengan instansi.

5. Dental dictionary, Human Right is The legal and moral rights of humans recognized by national and international laws.

Dalam definisi ini dijelaskan bahwa HAM merupakan hak moril yang sah pada tiap manusia yang diakui oleh hukum nasional dan internasional

6. US Military Dictionary Human Right is Rights that are believed to belong justifiably to every person.

Dalam definisi ini dijelaskan bahwa HAM merupakan hak-hak yang dipercaya berhak dimiliki dan dipertanggungjawabkan oleh setiap manusia.

7. Political Dictionary Human rights are a special sort of inalienable moral entitlement. They attach to all persons equally, by virtue of their humanity, irrespective of race, nationality, or membership of any particular social group. They specify the minimum conditions for human dignity and a tolerable life.

Dalam definisi ini dijelaskan bahwa HAM adalah pengertian khusus untuk sesuatu yang ada yang tidak dapat dicabut secara moril. Hal-hal tersebut diberikan kepda semua orang secara sama, oleh kebaikan rasa kemanusiaan mereka, berdasarkan masing-masing ras, kebangsaan, atau keanggotaan dari tiap kelompok sosial khusus. Hal tersebut menetapkan kondisi minimum untuk martabat manusia dan sebuah kehidupan yang bertoleransi.

8. Britannica Concise Encyclopedia. Human Right is Rights that belong to an individual as a consequence of being human.

Dalam definisi ini dijelaskan bahwa HAM merupakan hak yang dimiliki setiap manusia sebagai konsekuensi dari menjadi manusia.
9. Lloyd Duhaime, Human Right is An individual’s statutory right to equal treatment and free from discrimination prohibited by statute and which, generally, provides a civil remedy to provide compensation or to punish such discrimination when it is reported. (Duhaime, Lloyd, United Nations Convention on the Rights of the Child (1989))

Dalam definisi ini dijelaskan bahwa HAM merupakan hak tiap manusia berdasarkan undang-undang untuk mendapatkan perlakuan yang sama dan bebas dari pendiskriminasian, pelarangan oleh undang-undang dan secara umum menyediakan pengobatan sipil, penggantian atau hukuman seperti diskriminasi ketika adanya pelaporan,.

10. Alexander Hamilton Human Right is “The sacred rights of mankind … are written, as with a sunbeam, in the whole volume of human nature, by the hand of Divinity itself, and can never be erased or obscured by mortal power.” (Alexander Hamilton (USA, 1757-1804) wrote in The Farmer Refuted (1780))

Dalam definisi ini dijelaskan bahwa HAM merupakan hak suci yang dimiliki manusia… yang dituliskan, layaknya sinar, pd keseluruhan volume manusia, oleh tangan ketuhanan itu sendiri, dan tak kan pernah dihapus atau dipudarkan oleh kekuatan kematian.

Sumber: https://sel.co.id/