Apakah Yang Akan Dirasakan Pasien Selama Kemoterapi?

Apakah Kemoterapi Terasa Sakit ?

Menjalani kemoterapi melalui mulut, pada kulit, atau dengan suntikan umumnya terasa sama. Kemoterapi melalui infuse ( IV) biasanya terasa seperti saat darah diambil untuk tes darah. Beberapa orang merasakan kesejukan atau sensasi yang tidak biasa lainnya di bidang injeksi ketika IV dimulai. Sangat dianjurkan untuk melaporkan perasaan ini dengan dokter atau perawat. Pastikan bahwa Anda juga melaporkan rasa sakit, terbakar, atau ketidaknyamanan yang terjadi selama atau setelah pengobatan IV.

Banyak orang mengalami kesulitan sedikit saat harus dimasuki jarum infus di tangan mereka atau lengan bawah. Namun, beberapa orang memang agak susah untuk diinfus dan itu hal yang biasa sebenarnya sehingga kemungkinan mereka akan merasakan sakit tetapi bukan karena kemoterapi namun karena jarumnya. Jika memang sulit untuk memasukkan jarum ke dalam pembuluh darah untuk setiap pengobatan, dimungkinkan untuk menggunakan kateter vena sentral atau port. Hal ini untuk menghindari penyisipan berulang jarum ke pembuluh darah.

Kateter vena sentral dan port tidak menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan jika mereka benar penempatan dan perawatannya, dan bahkan beberapa orang biasanya tidak menyadari bahwa mereka berada di sana. Penting untuk melaporkan setiap nyeri atau ketidaknyamanan dengan kateter atau port ke dokter atau perawat.

Dapatkah saya minum Obat lain Sementara Saya Menjalani Kemoterapi?

Beberapa obat-obatan dapat mengganggu efek kemoterapi Anda. Itulah mengapa Anda harus mengkonsultasikan emua obat-obatan Anda dengan dokter Anda sebelum Anda memulai kemoterapi. Anda harus menyertakan daftar nama masing-masing obat, seberapa sering Anda bawa, alasan Anda mengambil itu, dan dosisnya. Ingatlah untuk menyertakan over-the-counter obat-obatan seperti obat pencahar, pil dingin, penghilang rasa sakit, dan vitamin. Dokter Anda akan memberitahu Anda jika Anda harus berhenti minum obat ini sebelum Anda mulai kemoterapi. Setelah perawatan Anda mulai, pastikan untuk memeriksa dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi obat baru atau menghentikan obat yang sudah Anda ambil.

Apakah saya Mampu Untuk Bekerja Selama Kemoterapi?

Kebanyakan orang dapat terus bekerja sementara mereka sedang diobati dengan obat antikanker. Dimungkinkan untuk menjadwalkan perawatan Anda di akhir hari atau sesaat sebelum akhir pekan, sehingga mereka mengganggu pekerjaan sesedikit mungkin.

Jika kemoterapi Anda membuat Anda sangat lelah, Anda mungkin ingin untuk berpikir tentang menyesuaikan jadwal kerja Anda untuk sementara waktu. Bicaralah dengan atasan Anda tentang kebutuhan dan keinginan pada saat ini. Anda mungkin dapat menyepakati jadwal paruh waktu, atau mungkin Anda dapat melakukan beberapa pekerjaan Anda di rumah.

Bagaimana Apakah saya akan Tahu Jika Kemoterapi saya Bekerja?

Dokter dan perawat akan menggunakan beberapa metode untuk mengukur seberapa baik perawatan Anda. Anda akan sering menjalani ujian fisik, tes darah, scan, dan x-ray. Jangan ragu untuk bertanya pada dokter tentang hasil tes dan apa yang mereka tunjukkan tentang kemajuan Anda.

Sementara tes dan ujian dapat memberitahu banyak tentang bagaimana kemoterapi bekerja, efek samping katakan sangat sedikit. (Efek samping – seperti mual atau rambut rontok -. Terjadi karena kemoterapi merusak beberapa sel normal maupun sel kanker) Kadang-kadang orang berpikir bahwa jika mereka tidak memiliki efek samping, obat-obatan yang tidak bekerja, atau bahwa, jika mereka memiliki efek samping, obat-obatan yang tidak bekerja dengan baik. Namun efek samping bervariasi begitu banyak dari orang ke orang, dan dari obat untuk obat, bahwa memiliki atau tidak memiliki mereka biasanya bukanlah pertanda apakah pengobatan yang efektif.

This entry was posted in kanker, penyakit berita, Tentang Kanker and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.